gravatar

Kekuatan Jaring Laba-laba Sangat Dahsyat!!!

Sobat Percil, pasti deh udah pada nonton film Spiderman kan? Yup, itu tuh... petualangan Peter Parker "Si Manusia Laba-laba" dalam membasmi kejahatan. Aksi keren Spiderman gugulantungan dan teterekelan di gedung-gedung pencakar langit, tentu sangat menghibur sobat Percil. Tetapi, coba deh sobat Percil perhatiin, sebelum bergelantungan di gedung, Spiderman biasanya ngeluarin jaring laba-laba dari tangannya untuk dijadikan tumpuan. Yang lebih heboh..., dengan jaring laba-labanya itu, kereta api yang sedang melaju kencang pun bisa dihentikan sama Spiderman. Ck...ck...ck...ck....

Wah..wah.... Oke dech, itu semua hanya ada di film dengan trik-trik khusus yang dibikin pembuatnya. Eitsss tunggu dulu sobat Percil, ternyata sebagian cerita di film Spiderman tadi ada benarnya juga lho. Ya, jaring laba-laba yang lembut itu ternyata memiliki kekuatan yang ruarrr biasaaa...! Beneran nich....

Coba deh sobat Percil lakukan eksperimen kecil-kecilan. Kalo ada sarang laba-laba di rumah atau pohon, iseng-iseng deh putusin salah satu benang tipis di sarang tadi. Hasilnya, bukannya putus kan, tapi benangnya malah membelit di jari sobat Percil, ‘ner ‘gak? Atau, pernah gak liat serangga atau binatang kecil lain yang terperangkap di sarang laba-laba. Dijamin, serangga atau binatang itu akan kepayahan dan gak akan bisa kabur dari sarang laba-laba, sehingga menjadi mangsa empuk bagi si empunya sarang.

Walau lebih tipis dari rambut dan lebih ringan dari kapas, kekuatan benang jaring laba-laba sungguh dahsyat! Para ilmuwan yang menelitinya membuat kesimpulan bahwa benang laba-laba lima kali lebih kuat dari serat baja dalam ketebalan yang sama! Wuih... padahal baja kan salah satu material paling kuat. Hmm...kalo gitu bisa-bisa Superman "Si Manusia Baja" kalah donk ama Spiderman "Si Manusia Laba-laba"? Hehehehe... kalo yang itu mah, gak tau achh urusannya, terserah penilaian sobat Percil dech.

Berdasarkan penelitian, benang pada jaring laba-laba memiliki gaya tegang 150.000 kg/m2. Jadi, bisa dibayangkan, bila ada seutas tali berdiameter 30 cm terbuat dari benang laba-laba, tali itu akan mampu menahan beban 150 unit mobil! Ck..ck..ck.

Kekuatan benang pada jaring laba-laba juga menginspirasi para ilmuwan untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Pada tahun 1960-an, peneliti di DuPont, perusahaan terkenal pembuat bahan kimia yang berpusat di Amerika Serikat, melakukan penelitian struktur molekul benang laba-laba. Setelah berhasil, struktur molekul pada benang laba-laba oleh para ilmuwan di DuPont ditiru untuk membuat kevlar. Oh ya, kevlar merupakan salah satu bahan terkuat di dunia kreasi manusia. Kevlar dijadikan bahan dasar untuk pembuatan jaket antipeluru, sepatu pekerja tambang, dll. Tetapi tetap saja, kevlar buatan manusia ‘gak bisa nandingin kekuatan benang jaring laba-laba.

Jaring laba-laba pun bermanfaat bagi kesehatan. Seperti dilansir LiveSience.com, serat pada jaring laba-laba sudah digunakan sejak 2.000 tahun lalu untuk melawan infeksi, mencegah perdarahan, serta menutup luka. Pakar biologi molekuler Randolph Lewis dari Universitas Wyoming Amerika Serikat, dalam laporannya yang dimuat jurnal Chemical Reviews mengabarkan, para peneliti di Universitas Tuft, Massachusetts berhasil membuktikan bahwa serat pada jaring laba-laba dapat digunakan untuk memulihkan ligamen (jaringan penyambung tulang) yang rusak, seperti pada penderita cedera lutut. Wah...kabar baik tuh bagi Beckham, Ronaldo, Owen, dan Beckamenga, soalnya para pemain sepak bolalah yang rentan cedera lutut. Para ilmuwan juga telah memanfaatkan jaring laba-laba untuk dibuat menjadi benang operasi untuk menutup luka bekas operasi, mata, dan menyambung jaringan saraf.

Metode sarang laba-laba juga mengilhami para perancang gedung dalam menentukan konstruksi atau fondasi bangunan. Sobat Percil boleh berbangga, ternyata penemu konstruksi fondasi bangunan dengan menggunakan prinsip sarang laba-laba ialah orang Indonesia, yaitu Ir. Sutjipto dan Ir. Ryantori pada 1976. Karena sudah terbukti kekuatannya dan hemat biaya, metode ini banyak dipakai dalam pembuatan gedung.

Terus, satu hal lagi. Bagi sobat Percil yang pernah buka internet, tentu nemuin tulisan www setiap akan membuka alamat sebuah situs, seperti www.pikiran-rakyat.com. Tulisan www merupakan singkatan dari world wide web (web mempunyai arti jaring laba-laba). Hal ini merujuk pola jaringan internet yang sama dengan jaring laba-laba, yaitu terdiri atas lingkaran-lingkaran berbagai ukuran yang berpusat pada titik tengah yang sama.

Wah..wah bicara soal laba-laba ‘gak akan ada habis kalee.... Yang penting dan harus diingat oleh sobat Percil, Allah menciptakan makhluk hidup dengan segala kelebihannya. Jadi, jangan sepelekan laba-laba yang ukuran tubuhnya kecil, ternyata bermanfaat bagi kehidupan umat manusia. (Hetty Dimayanti/dari berbagai sumber)***